Kamis, 15 April 2010

Sistem Komputer


Sistem Komputer

Sistem merupakan suatu kesatuan elemen yang saling behubungan yang saling membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang telah diyargetkan. Sistem tidak hanya melibatkan suatu fungsi atau prosedur belaka, namun merupakan dari semua kesatuan dari semua hal yang dilibatkan untuk pekerjaan yang diingkan dapat terlaksana dengan baik.
Sedangkan komputer awalnya berasal dari kata computere yang berarti menghitung. Namun, secara umum komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronika yang dapat menerima atau mengolah data, menjadi informasi, menjalankan program dalam memory, serta dapat bekerja secara otomatis dengan program tertentu. Sehingga dapat di simpulkan sistem komputer merupakan elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Di dalam komputer terdapat 3 bagian penting dari komputer yaitu :
1. Hardware : Perangkat keras yang di pakai oleh pengguna komputer.
2. Software : Merupakan perangkat lunak yang di pakai untuk pengoperasian komputer.
3. Brainware : Orang yang mengoperasikan komputer.
Brainware sendiri dibagi dalam 3 kelompok yaitu :
1. Programmer : Orang atau pembuat program.
2. Operator : Orang atau pengguna program.
3. Technical Support : Orang - orang bagian perbaikan.
Sedangkan software di bagi menjadi 2. Sistem operasi dan program aplikasi.
Sistem operasi suatu sistem agar perintah yang kita inginkan dapat dipahami oleh hardware. Sedangkan program aplikasi merupakan program yang dibuat sesuai dengan kepentingannya.
Sekarang ini terdapat bermacam- macam komputer yang tersedia, diantaranya adalah : server, PC dekstop, macintosh power PC, macBook,windows,PDA palm OS, ultra mobile PC, dan notebook.
Palm merupakan sebuah perusahaan pembuat PDA pertama.
Komputer yang satu dengan yang lain tentunya memiliki suatu perbedaan dari setiap produk yang dikeluarkan. Diantaranya perbedaan dari PC windows dan intel dengan macintosh adalah :
a. Macintosh : Hardware dan software di buat oleh satu perusahaan yaitu Apple komputer, jadi bentuknya hampir sama dari semua versi keluarannya.
b. PC windows dan intel : Pabrik yang merakitnya banyak, jadi banyak berlainan versi dari setiap keluaran terbarunya.
A. Proses Berjalannya Komputer
Sebuah komputer yang sudah selesai dirakit, dapat dinyalakan dengan dicolakkan kabelnya dengan arus listrik. Komputer akan melakukan POST (Power On Self Test) yang bekerja adalah hardware selanjutnya hanya menjalankan sistem operasi, di sini kita dapat langsung mengoperasikan komputer.
Alur Pemrosesan Data Pada Komputer ; Input melalui perangkat I/O data tersebut di proses akan disimpan secara sementara pada memori kemudian dapat disimpan secara permanen di dalam storage.
B. CPU ( Central Procesing Unit)
CPU adalah salah satu hardware computer . Adapun jenisn CPU diantaranya yaitu Intel, AMP, VIA , dan Crusel. Anda juga dapat mengunjungi situs lengkapnya pada www.cpu-world.com. Di dalam CPu terdapat tiga komponen penting yang perlu diketahui yaitu Alu, Memory Unit, Control Unit.Alui ( Aritmaticics Logical Unit) adalah pusat segala perhitunngan matematis atau logis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah PC. Sedangkan Memory Unit untuk pendukung yang berfungsi untuk menyimpan sementara dari perintah-perintah yang sering digunakan oleh processor. Control Unite bertugas sebagai pengatur lalu-lintas data sehingga perhitungan dan eksekusi bias dilakukan secara berurutan dan tidak tumpang-tindih.Sebelum Anda membeli CPU sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal di bawah ini :
a. Bentuk socet yang digunakan (sesuai dengan mainboard).
b. Clock Speed dan FSB. Clock Speed atau Clock Processor adalah jumlah eksekusi perintah
yangbias diselesaikan dalam waktu satu detik.Misalnya [ada processor 1.2 GHz
(1200MHz)berarti processor tersebut melakukan 1200 eksekusi perintah dalam satu detik.
FSB ( Front Side Bus ) merupakan lebar jalur pengiriman dan pengambilan data. FSB pada processor ditandai dengan istilah “PC”. Misalnya pada processor 1.2 GHz PC 100 berarti dalam satu kali pengiriman dalam bit mampu mengirimkan data sebanyak seratus juta.Contoh FSB : Pc 66, PC 100, PC 133, PC 166, PC 200, PC 266, PC 333, PC 400, PC 533, PC 800, PC 1066.
Clock Speed merupakan perkalian antara FSB dengan multiplier. Misalnya processor 2.66 GHz (2669 MHz)adalah perkalian FSB 133 dengan multiplier 20.
c. Cache Memory. Kemampuan untuk menyimpan perintah-perintah yang sering dilakukan pada
processor terdapat dua tingkat cache yaitu level satu dan level dua. Kapasitas L1
sekitar 62 kb, sedangkan L2 bisa 128kb-2MB.Kapasitas cache memory yang besar sangat
diperlukan untuk menjalankan aplikasi 3D, games, atau video editing. Intel mengeluarkan
seri processor Celeron yang lebih murah karena memiliki kapasitas cache memory yang
kecil, misalnya level dua cachenya hanya 128 kb, sedangkan seri murah dari AMP di kenal dengan nama ‘Duran dan Sempron’. Jadi processor Celeron 2.66 GHz L2 cache 128 kb, tidak sama dengan kemampuannya dengan processor pentium D 2.66 GHz L2 cache 1 MB.

C.Motherboard atau Mainboard
Mainboard seringdisebut juga papan ibu. Mainboart terbungkus rapi bersama komponen-komponen hardware yang lain di dalam casing.
Yang harus diperhatikan dari sebuah mainboard yaitu : a. Socet CPU harus sama dengan mainboard.b. Chipset Northbridge atau cipset utama dan cipset southbridge atau cipset pembantu.c. CMOS atau Blos yang berfungsi sebagai pendata hardware.d. Slot untuk Ram.e. Hardisk atau optical Disk untuk pemasangan hardisk secara parallel.f. Port hardisk SATA, Floppy Disk, dan Power Supply.
Yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mainboart yaitu :
a. Chipset Northbridge dan southbridge yang dipakai ( intel, SIS, VIA, nVidia, ATI, dan ULi) b. FSB yang didukung ( 400, 533, 800, 1066 )
c. Socket CPU yang tersedia ( intel mPGA 478, LGA 775, AMD 754, 939, 940, AM2 )
d. Slot Ram yang tersedia (SDRAM,DDR, DDR2)
e. Komponen yang terpasang on board ( VGA, Audio, LAN, Modem )
f. Kelengkapan port I/O
g. Jumlah slot Expansi yang tersedia ( PC I Express X16, PC I, AMR, dan CNR )
h. Slot Hardisk atau Opatical Disk yang tersedia ( parallel ATA, dan SATA )
Perkembangan Teknologi Mainboard
Perkembangan teknologi mainboard mengikuti perkembangan teknologi processor. Setiap dirilis teknologi terbaru dari processor maka dirilis pula chipset yang mendukung teknologi baru processor tersebut.
D.Ram (Random Access Memory)
Jenis-jenis RAM :
a.EDO Ram (72 pin )
b.SDRAM (168 pin )
c.DDRRAM (184 pin )
d.DDR2RAM (240 pin )
e.RDRAM
Pemasangan Ram dapat dilakukan dengan ditekan atau ada juga dengan cara di dorong tergantung RAM dan mainboard yang digunakan.
Yang perlu diperhatikan dari RAM antara lain :
a.Kapasitas yang dimiliki RAM ( MB)
b.Kapasitas maksimal yang di dukung oleh mainboard
c.Sesuaikan dengan slot yang tersedia di mainboard
d.Apakah mainboard mendukung teknilogi dual channel?
e.Bus ( PC ) yang digunakan RAM
Teknologi dual channel diperlukan untuk mempercepat transfer data antara memory dan CPU. Untuk mengaktifkannya, tiap mainboard memiliki car tersendiri.

E. Casing dan Power Supply
Casing digunakan untuk meletakkan komponen-komponen computer. Jenis casing ada dua yaitu tower, dan desktop.Yang perlu diperhatikan : jenis power supply ( AT, ATX, BTX ), dan jumlah watt power supply.

F. VGA Card
VGA digunakan untuk menyimpaikan sinyal output ke monitor.
Contohnya seperti PCI, AGP (2x, 4.8x, 16x , serta PC I Express X16.Yang harus dipertimbangkan dari VGA yaitu :
a.Chipset (GPU / Graphic Ptrocessor Unit) ( Ati, nVidia, SiS, VIA, Intel)
b.Besar memory yang dimiliki
c.Slot yang digunakan
d.Port output yang dimiliki.

VGA Card onboard
Chipset VGA-nya sudah terpasang di mainboard. Memorynya ada di ambil dari memory utama mainboard. Ada juga yang mempunyai memory tersendiri yang sudah terpasang di mainboard.
Mainboard dengan VGA onboard biasanya ditunjukkan untuk kelas value. Harganya murang dengan tidak terlalu mementingkan kenerja.

Teknologi SLI dan Crossfire
SLI adalah teknologi multi gue yang dikembangkan oleh perusahaan pembuat chipset VGA nVidia.
Sedangkan crossfire merupakan teknologi multi GPA yang dikembangkan oleh perusahaan pembuat chipset VGA ATi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar